Motivasi Belajar Mahasiswa Public Speaking pada Prodi Sastra Inggris Universitas Udayana

Authors

  • Ni Ketut Sri Rahayuni Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana

Keywords:

public speaking, motivasi belajar, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini berjudul Motivasi Belajar Mahasiswa Public Speaking Prodi Sastra Inggris Universitas Udayana. Mata kuliah Public Speaking merupakan salah satu mata kuliah yang diharapkan dapat dikuasi mahasiswa untuk kemudian hasilnya dapat diterapkan baik saat mengikuti mata kuliah lainnya di semester berikutnya maupun disaat mereka sudah bekerja nantinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa tentang motivasi mereka dalam belajar mata kuliah Public Speaking dan juga untuk memahami model pembelajaran yang tepat. Bahasa Inggris yang diharapkan dipahami dan dipelajari adalah Public Speaking yang dapat diterapkan oleh mahasiswa nantinya pada dunia kerja. Penelitian ini menjadi penting untuk dapat dilakukan dalam rangka mencari tahu mengenai motivasi belajar mahasiswa dan juga bagaimana model pembelajaran yang tepat yang dapat diaplikasikan pada mata kuliah Public Speaking. Terdapat 25 mahasiswa dari prodi Sastra Inggris, Universitas Udayana menjadi sumber data dalam penelitian ini. Metode kualitatif akan diterapkan dalam penelitian ini. Kuesioner dan juga wawancara semi struktur akan digunakan dalam membantu mengumpulkan data daslam penelitian ini. Dalam proses analisis data akan digunakan model statistik dasar dengan menggunakan hasil kuesioner pada mahasiswa. Untuk data dari hasil wawancara akan dianalisis dengan model Flow dari Miles dan Huberman.

Downloads

Published

2023-12-27