Analisis Pengembangan Bisnis Bebek Kaleng Awet Madura Dengan Metode Bussiness Model Canvas (BMC) Dan Brand Strategy Canvas (BSC)

Penulis

  • Solehatun Munawaroh Universitas Gadjah Mada
  • Khariratun Horisah Universitas Gadjah Mada
  • Atika Anistasia Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.24843/JRMA.2025.v13.i03.p09

Kata Kunci:

Ready-to-eat, Bebek Madura, Bussiness Model Canvas, Brand Strategy Canvas

Abstrak

Makanan siap saji menjadi salah satu bentuk inovasi teknologi yang semakin berkembang di pasar domestik karena aspek efisiensi dan kepraktisan yang menguntungkan konsumen. Penerapan teknologi ini juga menyasar pada industri kuliner khas Indonesia yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan, salah satunya adalah produk Bebek Kaleng Awet Madura yang diproduksi oleh PT Nur Yasin. Mengingat persaingan industri makanan semakin meningkat, dibutuhkan strategi komprehensif untuk mempertahankan eksistensi produk yang berkualitas dan bersaing di pasaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi model bisnis Bebek Kaleng Awet Madura menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) serta merancang strategi pengembangannya dengan pendekatan Brand Strategy Canvas (BSC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara elemen-elemen bisnis dan strategi branding pada produk Bebek Kaleng Awet Madura sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis, sehingga mampu menciptakan diferensiasi, menarik pelanggan baru, dan mempertahankan loyalitas. Dengan pendekatan ini, Bebek Kaleng Awet Madura dapat menggabungkan keunggulan produk khas tradisional dengan inovasi kemasan modern, menjadikannya relevan di pasar makanan siap saji yang kompetitif, baik di tingkat lokal maupun global.

Kata kunci : Ready-to-eat, Bebek Madura, Bussiness Model Canvas, Brand Strategy Canvas

 

 

Biografi Penulis

Solehatun Munawaroh, Universitas Gadjah Mada

Solehatun Munawaroh adalah mahasiswa pascasarjana pada Program Magister Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Indonesia. Fokus penelitiannya mencakup manajemen rantai pasok agroindustri. Selain itu, ia juga mendalami bidang manajemen bisnis agroindustri, pengembangan produk agroindustri, serta pangan fungsional. Minat risetnya mencakup integrasi antara inovasi teknologi, strategi bisnis, dan keberlanjutan dalam pengembangan sistem agroindustri yang adaptif dan kompetitif. Solehatun berkomitmen untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang dapat berkontribusi pada penguatan sektor agroindustri nasional, khususnya dalam mendukung ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi berbasis sumber daya lokal.

Khariratun Horisah, Universitas Gadjah Mada

Khariratun Horisah merupakah mahasiswa magister Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Ia memiliki ketertarikan pada bidang pengolahan dan pengembangan produk pangan. Fokus penelitiannya mencakup pengembangan produk berbasis dan potensi kesehatan khususnya dalam sistem imun.

Atika Anistasia, Universitas Gadjah Mada

Atika Anistasia adalah Mahasiswa Magister Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Latar belakang pendidikan selama ini di bidang Agroindustri, ketertarikan pada bidang Manajemen dan Sumber Daya Manusia serta sistem Kinerja Supply Chain Management Agroindustrial. Saat ini fokus penelitian yang sedang dijalankan diantaranya mencakup tentang pengukuran kinerja dalam dunia industri dan perusahaan agroindustri yang bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan sumber daya manusia sesuai dengan bidang kerjanya dan dapat meningkatkan efisiensi dibidang agroindustri.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles