Analisis Pengembangan Bisnis Bebek Kaleng Awet Madura Dengan Metode Bussiness Model Canvas (BMC) Dan Brand Strategy Canvas (BSC)
DOI:
https://doi.org/10.24843/JRMA.2025.v13.i03.p09Kata Kunci:
Ready-to-eat, Bebek Madura, Bussiness Model Canvas, Brand Strategy CanvasAbstrak
Makanan siap saji menjadi salah satu bentuk inovasi teknologi yang semakin berkembang di pasar domestik karena aspek efisiensi dan kepraktisan yang menguntungkan konsumen. Penerapan teknologi ini juga menyasar pada industri kuliner khas Indonesia yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan, salah satunya adalah produk Bebek Kaleng Awet Madura yang diproduksi oleh PT Nur Yasin. Mengingat persaingan industri makanan semakin meningkat, dibutuhkan strategi komprehensif untuk mempertahankan eksistensi produk yang berkualitas dan bersaing di pasaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi model bisnis Bebek Kaleng Awet Madura menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) serta merancang strategi pengembangannya dengan pendekatan Brand Strategy Canvas (BSC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara elemen-elemen bisnis dan strategi branding pada produk Bebek Kaleng Awet Madura sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis, sehingga mampu menciptakan diferensiasi, menarik pelanggan baru, dan mempertahankan loyalitas. Dengan pendekatan ini, Bebek Kaleng Awet Madura dapat menggabungkan keunggulan produk khas tradisional dengan inovasi kemasan modern, menjadikannya relevan di pasar makanan siap saji yang kompetitif, baik di tingkat lokal maupun global.
Kata kunci : Ready-to-eat, Bebek Madura, Bussiness Model Canvas, Brand Strategy Canvas







