Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Pelayanan ACK Fried Chicken Di Banjar Dinas Latu Sari Abiansemal
DOI:
https://doi.org/10.24843/JRMA.2025.v13.i03.p03Kata Kunci:
Importance Performance Analysis, kepuasan konsumen, kualitas layanan, kualitas produkAbstrak
Banyaknya restoran siap saji menyebabkan terjadinya kompetisi mutu produk dan pelayanan yang dihasilkan termasuk di restoran siap saji ACK Fried Chicken Latu Sari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan pelayanan ACK Fried Chicken Latu Sari dan menentukan atribut-atribut kualitas produk dan pelayanan yang perlu ditingkatkan atau dipertahankan oleh ACK Fried Chicken Latu Sari. Penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka, wawancara pemilik usaha ACK Fried Chicken Latu Sari, dan menyebarkan kuesioner kepada 90 orang responden. Hasil data pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang memiliki tingkat kesesuaian tertinggi untuk kualitas produk adalah penyajian/platting yang menarik 103,5% dan atribut terendah adalah kesesuaian harga makanan dengan kualitas 97,02%. Atribut yang memiliki tingkat kesesuaian tertinggi untuk kualitas layanan adalah ketersediaan fasilitas (toilet, smoking area, wifi) sebesar 101,8% dan atribut terendah adalah kenyamanan pelanggan saat berada di ACK Fried Chicken sebesar 97,00%.







