Strategi Pemasaran Produk Minuman Serai (Cymbopogon Citratus) Herbal di CV. Nadis Herbal, Badung, Bali
DOI:
https://doi.org/10.24843/JRMA.2025.v13.i02.p04Kata Kunci:
strategi pemasaran, menuman herbal, SWOT, QSPMAbstrak
CV. Nadis Herbal merupakan perusahaan yang memproduksi produk minuman serai (Cymbopogon citratus) herbal di daerah Badung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) produk minuman herbal CV. Nadis Herbal, dan untuk menentukan alternatif prioritas untuk meningkatkan penjualan pada CV. Nadis Herbal. Strategi pengembangan usaha menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities dan Threats) dan didukung dengan analisis kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, EFE, IE, dan QSPM. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 6 orang ahli. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, analisis SWOT membentuk matriks IFE dan EFE dengan memperoleh skor sebesar 2,73 dan 2,60 yang menunjukan bahwa perusahaan minuman herbal berada di kuadran sel ke-V (Hold and Maintain) pada matriks IE, kemudian pada matriks SWOT memperoleh enam alternatif strategi yang dianalisis menggunakan matriks QSPM sebagai pengambilan keputusan perumusan straegi pemasaran yang tepat. Prioritas strategi berdasarkan analisis yaitu Nadis Herbal dapat memanfaatkan kelebihannya dalam membuat produk minuman herbal yang berkualitas dengan memanfaatkan tren minuman sehat dan alami dalam meningkatkan potensi pasar dengan total skor TAS adalah 6,70.