Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Mi Nyemek Di Warkop Mitra 88 Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)
DOI:
https://doi.org/10.24843/JRMA.2025.v13.i02.p01Kata Kunci:
Quality Function Deployment, mi nyemek, peningkatan kualitas produkAbstrak
Warkop Mitra 88 adalah bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman, memulai bisnisnya tahun 2024 dan dituntut untuk terus mempertahankan bisnisnya diantara kompetitor yang menjual produk sejenis yaitu Mi Nyemek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut Mi Nyemek yang dianggap penting oleh konsumen, menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan produk Mi Nyemek, dan menyusun strategi yang tepat guna meningkatkan kualitas produk Mi Nyemek Warkop Mitra 88. Penelitian ini menggunakan analisis kepuasan konsumen dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 92 responden. Hasil dari penelitian ini mendapatkan 9 atribut kepentingan konsumen dengan nilai kepentingan tertinggi yaitu atribut aroma (4,03). Selanjutnya atribut yang memiliki nilai tingkat kepuasan tertinggi adalah atribut harga (4,35). Strategi peningkatan kualitas produk Mi Nyemek adalah dengan memprioritaskan atribut yang memiliki nilai rasio perbaikan tertinggi, yaitu atribut tingkat kematangan, kekentalan kuah, dan aroma. Perbaikan pada parameter teknis pembuatan produk, yaitu pada pemasakan Mi Nyemek, penambahan bahan tambahan, dan perebusan mi.