https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/issue/feed Jurnal Pengabdian Informatika 2024-02-15T11:09:06+00:00 Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana jupita@unud.ac.id Open Journal Systems <p><strong>[<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221123031231526" target="_blank" rel="noopener">ISSN Print 2963-6280</a>]<br /></strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230103152054657"><strong>[ISSN Online 2985-8127]</strong></a></p> <p> </p> <p>Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA) adalah jurnal pengabdian pada masyarakat yang diterbitkan oleh Program Studi Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian pada masyarakat yang memanfaatkan keilmuan Informatika/Komputer, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, ataupun Teknologi Informasi. JUPITA secara konsisten terbit empat kali dalam setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.</p> <p> </p> <p class="p1">Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana<br />Alamat : Jl. Kampus Bukit Jimbaran Computer Science Building Jurusan Ilmu Komputer, Jimbaran, , Kab. Badung, Provinsi Bali<br /><span class="s1">Email : <a href="mailto:iagsuwiprabayantiputra@unud.ac.id">jupita@unud.ac.id</a><br /></span>Phone : (0361) 701805</p> https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/904 SUSUNAN DEWAN REDAKSI JUPITA Volume 2 Nomor 2 Februari 2024 2024-02-15T11:09:06+00:00 JUPITA jupita@unud.ac.id 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/903 Daftar Isi JUPITA Volume 2 Nomor 2 Februari 2024 2024-02-15T11:07:13+00:00 JUPITA jupita@unud.ac.id 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/842 Cover Belakang JUPITA Volume 2 Nomor 2 Februari 2024 2024-01-29T03:42:25+00:00 JUPITA jupita@unud.ac.id 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/841 Cover Depan JUPITA Volume 2 Nomor 2 Februari 2024 2024-01-29T03:40:56+00:00 JUPITA jupita@unud.ac.id 2024-02-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/475 SISTEM SURAT DAN TANDA TANGAN DIGITAL BERBASIS WEBSITE 2023-10-09T12:58:16+00:00 William Soeparman williamsoeparman@gmail.com I Ketut Gede Suhartana ikg.suhartana@unud.ac.id Ida Ayu Gde Suwiprabyanti Putra iagsuwiprabayantiputra@unud.ac.id <p>Kegiatan surat menyurat merupakan suatu hal yang sering dilakukan oleh semua perusahaan/instansi. Terkadang, kegiatan ini cukup banyak memakan waktu untuk dilakukan. Hal ini membuat perusahaan menjadi tidak dapat melakukan hal lebih banyak lagi dikarenakan sebagaian besar waktu digunakan hanya untuk kegiatan surat menyurat. Namun saat ini, perkembangan teknologi telah berkembang pesat. Dalam hal ini, hadir sebuah aplikasi yang dapat memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh banyak perusahaan. Aplikasi tersebut adalah aplikasi surat dan tanda tangan digital. Dengan aplikasi ini, ketika surat dikirim, penerima dapat langsung menerima surat tersebut saat itu juga kapanpun dan di manapun. Kemudian, surat yang dibuat juga dapat langsung ditandatangani secara digital. Hal ini sangat membantu perusahaan mengingat penandatangan biasanya tidak selalu ada di lokasi untuk dapat langsung menandatangani surat. Dengan aplikasi ini, perusahaan akan dapat mengefisiensikan waktunya secara maksimal dan dengan demikian dapat meningkatkan produktivitasnya.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/510 IMPLEMENTASI UI/UX DESIGN ONEKLIK MEDIA PUBLIK BERBASIS WEBSITE DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKSES INFORMASI DAN LAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN BADUNG 2023-10-09T12:59:41+00:00 Komang Kartika Noviyanti kartikanovi28@gmail.com Luh Gede Astuti lg.astuti@gmail.com I Gede Arta Wibawa gede.arta@unud.ac.id <p>Kabupaten Badung menghadapi tantangan dalam menyediakan informasi publik yang efektif dan efisien serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya dan cara mengakses informasi publik secara efektif. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan aplikasi Oneklik Media Publik sebagai platform website terpadu yang memudahkan akses informasi dan layanan publik. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat dengan mudah mengakses berbagai informasi publik dan program yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung secara cepat dan tepat. Selain itu, aplikasi ini juga memfasilitasi pengguna untuk terhubung dengan media sosial yang dikelola oleh dinas tersebut. Implementasi aplikasi Oneklik Media Publik menunjukkan peningkatan signifikan dalam akses informasi dan layanan publik. Masyarakat dapat dengan cepat dan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan dan berpartisipasi dalam berbagai program pemerintah daerah. Dengan tampilan interaktif dan intuitif, aplikasi ini juga meningkatkan pengalaman pengguna dalam mencari dan menggunakan informasi publik.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/522 SISTEM BOOKING TRAVEL TOUR BERBASIS WEBSITE DI PT SARA RESIDENCE 2023-10-09T13:01:55+00:00 Michael Tanaya michaeltanaya94@gmail.com I Gede Arta Wibawa gede.arta@unud.ac.id I Wayan Santiyasa santiyasa@unud.ac.id <p>Sistem booking travel tour telah menjadi komponen penting dalam industri pariwisata yang terus berkembang pesat. Hotel Sara Residence, sebagai salah satu hotel terkemuka dalam penyediaan layanan akomodasi dan tur, juga dihadapkan pada kebutuhan untuk mengelola proses pemesanan tur dengan efisiensi dan keefektifan yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem booking travel tour berbasis website yang akan membantu Hotel Sara Residence dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasionalnya. Penelitian ini melibatkan tahap analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan perangkat lunak, dan evaluasi sistem. Dalam tahap analisis kebutuhan, kebutuhan pengguna, termasuk pelanggan hotel dan manajemen Hotel Sara Residence, diidentifikasi. Berdasarkan analisis ini, sistem booking travel tour berbasis website dirancang dan dikembangkan dengan menggunakan teknologi web terkini.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/534 PEMBUATAN APLIKASI WEBSITE SMARTCARE PARENTING SOLUTION DI PT TAKSU TEKNOLOGI INDONESIA 2023-10-09T13:02:43+00:00 I Dewa Agung Adwitya Prawangsa wawaca.waca@gmail.com Anak Agung Istri Ngurah Eka Karyawati eka.karyawati@unud.ac.id Luh Arida Ayu Rahning Putri rahningputri@unud.ac.id <p>PT Taksu Teknologi Indonesia merupakan perusahaan teknologi yang berlokasi di Bali. Dalam program pengabdian kepada masyarakat, penulis melakukan kegiatan pengabdian di PT Taksu Teknologi Indonesia dengan fokus pada penerapan SmartCare Parenting Solution. SmartCare Parenting Solution adalah aplikasi website yang dibangun menggunakan React JS. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk menambahkan profil anak dengan mengisi biodata dan survei perkembangan. Selanjutnya, sistem akan memonitor pertumbuhan dan perkembangan anak berdasarkan dataset yang diambil dari WHO Multicentre Growth Reference Study (MGRS). Hasil monitoring akan memberikan feedback pertumbuhan anak kepada pengguna. Tujuan kegiatan ini&nbsp; adalah &nbsp;meningkatkan &nbsp;pemahaman &nbsp;dan &nbsp;penggunaan &nbsp;aplikasi&nbsp; ini&nbsp; secara&nbsp; berkala&nbsp; oleh &nbsp;orang &nbsp;tua untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam pengasuhan anak. Dalam upaya menjaga keberlanjutan program, penulis&nbsp; merekomendasikan&nbsp; perbaikan&nbsp; dan &nbsp;pengembangan&nbsp; fitur &nbsp;berdasarkan &nbsp;evaluasi hasil &nbsp;kegiatan &nbsp;serta menjalin kolaborasi dengan mitra terkait. Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat jangka panjang dalam meningkatkan kualitas pengasuhan anak oleh orang tua.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/497 SISTEM PEMESANAN KAMAR HOTEL DAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEB DI AVATAR SOLUTIONS 2023-10-09T13:03:45+00:00 Albertus Ivan Suryawan albertusivan15@gmail.com Agus Muliantara muliantara@unud.ac.id Ngurah Agus Sanjaya ER agus_sanjaya@unud.ac.id <p class="Abstrak"><span lang="X-NONE">Perkembangan teknologi yang pesat telah memberikan dampak signifikan terhadap industri perhotelan, yang membuat pembuatan website pemesanan kamar dan company profile berbasis web menjadi sebuah kebutuhan mendesak. Website ini menjadi sarana penting bagi hotel dalam memenuhi harapan pelanggan, meningkatkan daya saing, dan melakukan pemasaran yang efektif. Melalui website pemesanan kamar berbasis web, hotel dapat memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan visibilitas, dan mempermudah proses pemesanan. Informasi mengenai fasilitas hotel, ketersediaan kamar secara real-time, serta ulasan pelanggan dapat diberikan secara komprehensif. Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan pemesanan langsung melalui website tersebut, yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam proses reservasi. Selain itu, pembuatan company profile berbasis web juga memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan dan mitra bisnis. Pengadopsian teknologi ini menjadi sangat penting bagi hotel untuk tetap relevan di era digital dan memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dari pelanggan mereka.</span></p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/483 APLIKASI MANAJEMEN ADMINISTRASI BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI MANAJEMEN PROPERTI DI PT PRATHAMA LAND PROPERTI 2023-10-09T13:05:52+00:00 I Gusti Bgs Darmika Putra gstbgsdarmika@gmail.com Cokorda Rai Adi Pramartha cokorda@unud.ac.id I Gede Surya Rahayuda igedesuryarahayuda@unud.ac.id <p>Revolusi Industri Industri 4.0 diantisipasi menjadi dorongan inovasi terbesar dalam beberapa dekade mendatang. Kemajuan teknologi yang terlihat jelas adalah adanya website sebagai media penyimpanan dan tampilan informasi yang beragam. Keberadaan website memberikan solusi dalam menghadapi tantangan kompleks di sektor penjualan dan persewaan. Organisasi dan perusahaan berlomba-lomba dalam menggunakan teknologi untuk pemasaran, khususnya melalui digital marketing yang mencakup berbagai metode promosi dan pencarian pasar secara online. Sebagai contoh, PT Prathama Land Properti, perusahaan yang fokus pada penjualan properti di kabupaten Malang, telah memulai penerapan teknologi digital dalam pengelolaan data perusahaan. Namun, saat ini perusahaan belum memiliki sistem yang memadai untuk mengelola data yang terkait dengan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi admin menggunakan <em>React</em> dan <em>Tailwind</em> <em>CSS</em> sebagai <em>framework</em> JavaScript dan desain tampilan yang fleksibel. Dengan implementasi aplikasi admin ini, diharapkan PT Prathama Land Properti dapat mengoptimalkan operasional, meningkatkan efisiensi kerja, dan memperbaiki pengelolaan data terkait digital marketing dengan solusi yang memadai.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/526 APLIKASI MOBILE ADJUSTMENT CLIENT DI PT. BHAWANA PIRANTI SEMESTA 2023-10-09T13:35:28+00:00 I Wayan Agus Juniartha agusjuniartha16@gmail.com I Gede Santi Astawa santi.astawa@unud.ac.id I Komang Ari Mogi arimogi@unud.ac.id <p><strong>Penyesuaian Seluler Aplikasi klien adalah solusi inovatif yang dikembangkan untuk meningkatkan kemudahan dan keakuratan penyesuaian pengguna melalui perangkat seluler. Di era digital saat ini, penggunaan perangkat mobile telah meluas dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini juga menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Pengguna dapat dengan cepat mengakses fungsi dan menu yang diperlukan, sehingga meminimalkan waktu yang diperlukan untuk melakukan penyesuaian. Aplikasi Klien Penyesuaian Seluler adalah solusi yang menggabungkan keunggulan perangkat seluler dengan akurasi dan kenyamanan penyesuaian pengguna. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, aplikasi ini memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna dalam melakukan penyesuaian, meningkatkan efisiensi, mengurangi kesalahan</strong></p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/499 Aplikasi Pengelolaan Keuangan di PT. Foxbyte Global Inovasi 2023-10-09T13:36:21+00:00 Tri Adi Ningsih triadiningsih65@gmail.com I Made Widiartha madewidiartha@unud.ac.id Made Agung Raharja made.agung@unud.ac.id <p>Kehidupan kita saat ini tak terlepas dari kehidupan teknologi yang serba canggih. Apalagi keberadaan teknologi informasi yang memberikan banyak manfaat pada aspek kehidupan. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi yaitu adanya aplikasi manjemen keuangan online yang diperuntukan untuk karyawan diperusahaan maupun individu masing – masing. Dengan melakukan pengelolaan keuangan setiap individu akan memiliki tujuan yang dicapai. Pengelolaan keuangan yang baik tentunya harus diimbangi dengan perencana keuangan yang baik juga. Saat ini seseorang kerap kali malas dalam mencatat biaya-biaya pengeluaran sehari hari karena harus mencatat secara manual di kertas. Untuk mengatasi hambatan tersebut&nbsp; solusi yang ditawarkan adalah dengan merancang sebuah aplikasi pengelolaan keuangan secara digital dimana nantinya aplikasi ini dapat memberikan informasi terkait dengan laporan pemasukan maupun pengeluaran yang cepat, tepat dan akurat.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/478 Sistem Manajemen Proyek Berbasis Web di Perusahaan Gana IT Consultant 2023-10-09T13:37:09+00:00 Anak Agung Ngurah Andhika Satrya Nugraha andhikangurah@gmail.com Ida Bagus Made Mahendra ibm.mahendra@unud.ac.id I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra anom.cp@unud.ac.id <p>Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan struktur dalam mengelola proyek pada perusahaan Gana IT Consultant, perusahaan ini merasa perlunya memiliki sistem informasi manajemen proyek yang terintegrasi. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengembangan aplikasi web menggunakan javascript dan framework express.js serta react.js untuk membantu perusahaan dalam mengelola proyek dengan lebih efisien dan terstruktur. Implementasi sistem ini diharapkan memberikan manfaat seperti peningkatan efisiensi operasional, kolaborasi tim yang lebih baik, pelacakan proyek yang akurat, dan pengambilan keputusan yang lebih baik.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/495 User Interface Sistem Pencarian Arsip Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar 2023-10-10T06:20:16+00:00 Ida Ayu Taria Putri Mahadewi gek.taria@gmail.com Ida Bagus Gede Dwidasmara dwidasmara@unud.ac.id <p>Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar, <em>user interface</em> (UI) sistem pencarian arsip memiliki peran penting dalam memfasilitasi akses dan pengelolaan data kependudukan. <em>User interface</em> yang baik dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam pencarian arsip, sehingga mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Dalam kegiatan pengabdian ini, kami mengusulkan perancangan dan evaluasi <em>user interface</em> sistem pencarian arsip yang mengintegrasikan fitur-fitur yang penting, seperti kriteria pencarian yang fleksibel, tampilan hasil pencarian yang jelas, dan navigasi yang intuitif. Metode pengembangan yang digunakan meliputi pengumpulan kebutuhan pengguna, analisis sistem arsip yang ada, perancangan UI berdasarkan prinsip-prinsip desain yang baik, serta pengujian dan evaluasi dengan melibatkan pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa <em>user interface</em> yang dirancang mampu meningkatkan efektivitas pencarian arsip dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Pada kegiatan pengabdian ini, memberikan kontribusi pada pengembangan sistem pencarian arsip yang memenuhi kebutuhan pengguna dan mendukung tugas-tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengelola data kependudukan secara efisien dan akurat.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/591 Sistem E-Commerce Pembelian Tanaman Berbasis Web di PT Foxbyte Global Inovasi 2023-10-24T12:20:04+00:00 Tristan Bey Kusuma tristanbeykusuma@gmail.com I Komang Ari Mogi arimogi@unud.ac.id I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan dewabayu@unud.ac.id <p>Plant Shop adalah platform online yang memfasilitasi proses jual-beli tanaman secara elektronik. Sistem e-commerce penjualan tanaman berbasis web ini diterapkan di PT Foxbyte Global Inovasi. Plant Shop dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam penjualan tanaman melalui platform online. Hal-hal yang diperhatikan dalam pengembangan sistem meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka pengguna yang intuitif, pengembangan fitur-fitur yang relevan, dan implementasi sistem yang dapat diakses secara online. Pengguna dapat dengan mudah menjelajahi katalog tanaman yang tersedia, melihat informasi detail tentang tanaman tersebut, dan melakukan transaksi pembelian secara online. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan pengguna untuk melacak status pengiriman dan memberikan umpan balik terhadap produk yang telah dibeli. Selain itu, sistem ini juga menggunakan fitur-fitur keamanan yang canggih untuk melindungi data pengguna dan transaksi yang dilakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem e-commerce penjualan tanaman berbasis web di PT Foxbyte Global Inovasi memberi kontribusi dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan penjualan tanaman melalui platform e-commerce. Dengan sistem ini, kerangkanya juga dapat menjadi acuan bagi perusahaan tersebut ketika mengembangkan sistem serupa.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/529 WEBSITE USER INTERFACE BERBASIS NEXTJS DALAM APLIKASI MANAJEMEN PENGAJUAN SURAT BERBASIS WEB DI PEMERINTAH DESA PETAK 2023-10-26T13:55:40+00:00 Gede Gery Sastrawan gerysastrawan123@gmail.com I Putu Gede Hendra Suputra hendra.suputra@unud.ac.id I Gede Santi Astawa santi.astawa@unud.ac.id <p>Kemajuan teknologi merupakan hal yang tidak dapat kita abaikan dijaman saat ini. Teknologi sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan kita. Banyak aspek yang memanfaatkan teknologi untuk dapat mempermudah melakukan sesuatu. Desa Petak merupakan desa yang berada di Kabupaten Gianyar. Desa ini memiliki komitmen penuh untuk melayani masyarakatnya apabila membutuhkan layanan masyarakat dari Pemerintah Desa Petak. Pemerintah Desa Petak menginginkan agar mereka dapat memiliki suatu wadah agar dapat melakukan layanan surat ini secara online. Aplikasi manajemen pengajuan surat berbasis web merupakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan kita untuk membuat alur surat, melihat alur surat, dan menangani pengajuan surat yang diajukan oleh client. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan pemerintah desa dapat meningkatkan kualitas layanan pengajuan surat yang dimiliki sehingga meningkatkan kesejahteraan warga desa. Antarmuka website manajemen pengajuan surat sudah berhasil dibuat dan diimplementasikan pada dashboard <em>website</em> milik Pemerintah Desa Petak. Sementara itu, aplikasi secara keseluruhan masih memerlukan pengembangan pada sisi <em>client</em> agar dapat dimanfaatkan secara baik pada website tersebut. Sistem ini kedepannya diharapkan dapat membantu digitalisasi sistem pengajuan surat di Desa Petak, Gianyar.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/582 Pengembangan Sistem Pencarian dan Rekomendasi Hotel Untuk Aplikasi Triponlist di DigiplusInc 2023-10-10T06:25:05+00:00 Sagung Putri Nariswari sagungputri1530@gmail.com I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan gungde@unud.ac.id Luh Gede Astuti lg.astuti@unud.ac.id <p>Banyak pengusaha dan instansi yang bergerak di bidang pariwisata di Bali, telah menyediakan berbagai jenis layanan tersebut. Salah satu jenisnya adalah aplikasi pemesanan paket perjalanan wisata yang dikembangkan oleh sebuah instansi di daerah Ubud, Bali bernama Triponlist. Pada aplikasi ini, wisatawan bisa mendapatkan informasi lengkap dari berbagai daerah wisata di Bali dan paket kunjungan wisata yang dapat dipilih untuk menikmati daerah tersebut. Aplikasi ini juga dapat mendukung usaha kecil masyarakat lokal yang ada di daerah wisata tersebut, dengan memperkenalkannya pada masing-masing menu daerah wisata. Fasilitas-fasilitas seperti ini sangat membantu serta menguntungkan pengembang pariwisata di Bali untuk tetap menjaga ketertarikan wisatawan terutama wisatawan asing untuk berwisata ke Bali.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/494 Pengembangan Konsep Dan Pembaharuan Sistem Monitoring Antrean Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai 2023-10-10T06:26:24+00:00 Ni Nyoman Grisyana Utari grisyanautari@gmail.com Made Agung Raharja made.agung@unud.ac.id I Wayan Supriana wayan.supriana@unud.ac.id <p>Antrean konvensional menjadi polemik yang umum di masyarakat. Lamanya proses pelayanan dan waktu tunggu antrean konvensional sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Di instansi pelayanan publik seperti Kantor Imigrasi, bahkan proses antrean harus dilakukan oleh pemohon sebagai pendaftar sebelum dapat dilayani. Untuk mengatasi masalah tersebut diusulkan sistem antrean digital berbasis website yang dapat diakses secara online. Pendaftar dapat melakukan registrasi melalui website yang tersedia di smartphone yang terkoneksi dengan internet. Informasi nomor antrean akan diperoleh setelah pendaftaran dinyatakan valid. Selain itu, pendaftar juga mendapatkan informasi laju nomor antrean yang sedang dilayani secara realtime.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/527 PEMBUATAN APLIKASI PRESENSI KARYAWAN BERBASIS WEBSITE DI PT BHAWANA DIGITAL NUSANTARA 2023-10-11T06:41:29+00:00 I Nyoman Budhiarta Suputra budhisuputra13@gmail.com I Ketut Gede Suhartana ikg.suhartana@unud.ac.id Gst. Ayu Vida Mastrika Giri vida@unud.ac.id <p>Presensi merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Data presensi dapat digunakan sebagai dasar perhitungan gaji, mencegah terjadinya kecurangan dan memantau produktivitas karyawan. Namun ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan sistem presensi secara konvensional yang mengakibatkan pengecekan data kehadiran karyawan kurang tepat. Salah satu perusahaan yang menggunakan sistem presensi secara konvensional adalah PT Bhawana Digital Nusantara. PT Bhawana Digital Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan <em>software </em>(perangkat lunak) yang didirikan Didirikan pada tahun 2020. Untuk mengatasi permasalah tersebut penulis membuat sebuah aplikasi presensi berbasis website dengan fitur utama melakukan presensi dan membuat keterangan izin berbasis website. Tujuan dibangunnya aplikasi ini adalah&nbsp; untuk mempermudah dalam melihat data presensi karyawan dan menghindari terjadinya penumpukan berkas yang tidak begitu penting.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/484 SISTEM DROPSHIP BERBASIS WEBSITE PADA CV. EFINDO 2023-10-11T06:42:32+00:00 Puspadevi Anggotra devianggotraa@gmail.com Agus Muliantara muliantara@unud.ac.id I Made Widiartha madewidiartha@unud.ac.id <p>Dropship adalah mekanisme yang memungkinkan seseorang untuk menjual produk pihak lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Saat ini, dropship marak dilakukan pada berbagai jenis marketplace dan e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. Sistem dropship diusulkan untuk menyelesaikan keluhan para reseller yang belum memiliki modal namun ingin masih ingin berjualan. Dropship dianggap sebagai usaha yang minim modal karena tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli stok produk secara fisik. Sistem ini berhasil menyelesaikan masalah yang ada pada CV. Efindo dan juga membantu untuk mempermudah pemasaran produk.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/517 PENGEMBANGAN KONSEP DAN PEMBAHARUAN APLIKASI IZIN TINGGAL ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI NGURAH RAI 2023-10-11T06:43:16+00:00 Denise Valeria Anggrek denisee.anggrek14@gmail.com I Ketut Gede Suhartana ikg.suhartana@unud.ac.id I Gede Surya Rahayuda igedesuryarahayuda@unud.ac.id <p>This research aims to develop the concept and implement updates to the online residence permit application at Immigration Office Class I TPI Ngurah Rai. The study is conducted with the objective of enhancing efficiency and improving services for residence permit applicants. Data was collected through applicant satisfaction surveys and interviews with immigration officials and application developers. The analysis identified shortcomings in the existing application, such as a complex user interface and the lack of accurate status monitoring features. Based on these findings, a new development concept is proposed, focusing on interface improvements, faster document verification, and the addition of real-time status monitoring features. The implementation of these updates requires strengthening technology infrastructure, enhancing data security, and involving stakeholders. This research provides a significant contribution to the development of the online residence permit application at the Immigration Office Class I TPI Ngurah Rai, with the potential to enhance service efficiency and serve as inspiration for other immigration offices.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/564 IMPLEMENTASI USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI PENYEWAAN ASET PEMERINTAH BERBASIS WEB 2023-10-11T06:44:06+00:00 I Dewa Made Candra Wiguna Marcelino dewacandra37@gmail.com Ngurah Agus Sanjaya ER agus_sanjaya@unud.ac.id Ida Bagus Made Mahendra ibm.mahendra@unud.ac.id <p>Penyewaan aset pemerintah seringkali menjadi tantangan bagi masyarakat, namun sebagai seorang pekerja magang di Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Bali, tugas saya adalah merancang sebuah aplikasi yang akan mempermudah proses penyewaan aset tersebut. Aplikasi ini akan mengatasi kesulitan akses informasi dan memungkinkan pemesanan yang cepat dan transparan. Fitur-fitur pencarian intuitif akan memungkinkan masyarakat menemukan aset yang mereka butuhkan dengan mudah. Proses pemesanan akan menjadi praktis dan efisien, sehingga masyarakat tidak perlu lagi berurusan secara manual. Aplikasi ini akan meningkatkan transparansi dalam manajemen penyewaan aset, membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan aset-aset pemerintah. Tujuan utamanya adalah memfasilitasi masyarakat dalam penyewaan aset pemerintah dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan daerah Provinsi Bali secara keseluruhan.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/570 Aplikasi Penyimpanan Data Pelanggan PLN 2023-10-11T06:45:00+00:00 I Nyoman Restu Muliarta nyomanrestu2002@gmail.com I Gede Santi Astawa santi.astawa@unud.ac.id I Komang Ari Mogi arimogi@unud.ac.id <p>Penyimpanan data pelanggan listrik yang efektif dan efisien merupakan elemen penting dalam pengelolaan sistem distribusi energi. Dalam era digitalisasi, penggunaan aplikasi penyimpanan data pelanggan listrik telah menjadi solusi yang populer bagi perusahaan penyedia listrik untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengelolaan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pentingnya sosialisasi aplikasi penyimpanan data pelanggan listrik dalam meningkatkan efisiensi dan pengelolaan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada manajemen perusahaan penyedia listrik dan pengguna aplikasi penyimpanan data pelanggan listrik.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi aplikasi penyimpanan data pelanggan listrik memberikan berbagai manfaat, antara lain peningkatan efisiensi operasional, pengelolaan informasi yang lebih baik, dan peningkatan kepuasan pelanggan: Dengan akses yang mudah dan cepat ke informasi mereka sendiri, pelanggan merasa lebih terlibat dalam penggunaan energi dan dapat mengelola konsumsi mereka dengan lebih efektif. Aplikasi ini juga menyediakan fitur seperti pemberitahuan tagihan dan peringatan penggunaan energi berlebih, yang membantu pelanggan untuk mengendalikan pengeluaran dan meningkatkan kesadaran terhadap konsumsi energi mereka. Dalam rangka mengoptimalkan manfaat dari aplikasi penyimpanan data pelanggan listrik, penting untuk melakukan sosialisasi yang efektif kepada pelanggan. Sosialisasi ini dapat dilakukan melalui kampanye informasi, pelatihan penggunaan aplikasi, dan dukungan teknis yang memadai.</p> <p>Kesimpulannya, sosialisasi aplikasi penyimpanan data pelanggan listrik merupakan langkah penting dalam meningkatkan efisiensi operasional, pengelolaan informasi, dan kepuasan pelanggan. Dengan adopsi yang tepat dan dukungan yang memadai, aplikasi ini dapat menjadi alat yang berharga bagi perusahaan penyedia listrik dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dalam industri energi saat ini.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/571 PENGEMBANGAN KONSEP DAN PEMBAHARUAN SISTEM BOOKING ORDER BERBASIS ODOO DI PT. HASHMICRO SOLUSI INDONESIA 2023-10-11T06:48:15+00:00 I Putu Agus Arya Wiguna agusarya592@gmail.com I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra anom.cp@unud.ac.id Ida Bagus Gede Dwidasmara dwidasmara@unud.ac.id <p><em>The problems commonly encountered by users in a booking order system are often related to the use of a complex or non-intuitive interface, which can result in a poor user experience. Difficulties in navigating the system, filling out order forms, or identifying the appropriate options can lead to high order cancellations and conversion failures. Furthermore, a major issue is inaccurate availability. When the system is not updated in real-time or fails to synchronize with the actual inventory, there is a risk of accepting orders when the product stock is already depleted. To address these issues, it is proposed to design a website based on Odoo for creating the booking order system. Odoo is designed with an intuitive and easily understandable user interface. Additionally, an Odoo-based website is supported by a powerful inventory module, allowing efficient management and tracking of existing inventory, as well as accurate management of product deliveries to avoid inventory shortages or overstocking.</em></p> 2024-02-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/540 SISTEM PENCARIAN ARSIP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DENPASAR 2023-10-11T06:51:02+00:00 Ni Wayan Anti Andari antiandari01@gmail.com I Wayan Supriana wayan.supriana@unud.ac.id I Putu Gede Hendra Suputra hendra.suputra@unud.ac.id <p style="font-weight: 400;">Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang bertanggung jawab atas pengelolaan data kependudukan dan pencatatan sipil di wilayahnya. Tugas utama DISDUKCAPIL antara lain adalah menerbitkan berbagai dokumen identitas seperti akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta cerai, dan dokumen lainnya, serta melakukan pencatatan dan pengarsipan data kependudukan secara teratur dan akurat. Karena penyimpanan arsip masih dilakukan secara manual, terdapat tantangan dalam hal efisiensi, rentan terhadap kerusakan atau kehilangan, dan memakan waktu dalam pengolahan data. Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah sistem pencarian arsip digital di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar yang bertujuan untuk memudahkan proses pencarian yang sebelumnya dilakukan secara manual. Sistem ini dirancang dengan menggunakan teknologi informasi untuk mengelola dan menyimpan data arsip dengan efisien dan akurat. Implementasi sistem ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi para pemangku kepentingan dalam proses pencarian arsip, sehingga layanan publik dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, sistem ini juga dapat menjadi acuan bagi lembaga lain yang ingin mengembangkan sistem pencarian arsip yang efektif dan efisien. Proses implementasi melibatkan beberapa langkah, antara lain analisis kebutuhan, perencanaan dan desain, pengembangan sistem, pengujian, implementasi, pelatihan pengguna, operasionalisasi, serta evaluasi dan perbaikan secara berkala.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/568 APLIKASI PEMINJAMAN RUANG DAN PERANGKAT BERBASIS WEBSITE DI PT KODE APLIKASI INDONESIA 2023-10-11T12:29:48+00:00 Chelsy Elisabet Gultom chelsyelisabet@gmail.com I Ketut Gede Suhartana ikg.suhartana@unud.ac.id Gst Ayu Vida Mastrika Giri vida@unud.ac.id <p>Pada suatu perusahaan pasti memiliki ruang rapat yang digunakan untuk berbagai kepentingan. Jika suatu perusahaan memiliki divisi testing software atau quality assurance, pasti dibutuhkan perangkat yang digunakan dalam melakukan testing. Dalam melakukan peminjaman ruang dan perangkat, biasanya karyawan melakukan peminjaman melalui admin atau karyawan yang bertanggung jawab. Di PT. Kode Aplikasi Indonesia, peminjaman ruang maupun perangkat masih dilakukan secara manual, dengan aplikasi peminjaman ruang dan perangkat berbasis website, proses peminjaman dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan melalui perangkat apa saja. Melalui aplikasi ini, karyawan dapat langsung melihat dan memilih ruangan yang diinginkan berserta tanggal kebutuhan. Selain itu, Admin juga dapat mengelola peminjaman baik ruang maupun perangkat dengan lebih baik. Dengan aplikasi ini, proses peminjaman dapat lebih menjadi efektif.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/814 IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENDATAAN PENGUNJUNG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN BERBASIS DIGITAL PADA KUB SEGARA GUNA BATU LUMBANG 2024-01-11T07:18:23+00:00 I Kadek Susila Satwika susila.satwika@instiki.ac.id I Putu Susila Handika susila.handika@instiki.ac.id Aulia Iefan Datya iefandatya@undhirabali.ac.id Prastyadi Wibawa Rahayu prastyadiwibawa@undhirabali.ac.id <p>Kelompok Usaha Bersama (KUB) Segara Guna Batu Lumbang adalah badan usaha yang mengelola ekowisata mangrove di Banjar Gelogor Carik, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan. Yang diunggulkan dari ekowisata mengove ini adalah rekreasi wisata air, khususnya penyewaan kano. Selama beroperasi, sejak tahun 2012, KUB hanya menarik biaya sewa kano secara tunai tanpa melakukan pencatatan data pengunjung untuk kebutuhan bukti pembayaran. Sehingga saat membutuhkan pelaporan jumlah data pengunjung terkait hibah atau bantuan pemerintah, KUB kesulitan memperoleh data pengunjung yang valid dan terbarukan. Maka dari itu dibuatkan sebuah sistem berbasis web yang dapat mencatat jumlah pendatang ke daerah wisata ini. Sistem yang dibuat menggunakan sistem QR Code berbasis website. Sehingga memudahkan petugas untuk mengakses sistem darimana saja. Dengan adanya sistem pendataan jumlah pengunjung ini, dapat memudahkan KUB dalam mendata dan membuat laporan jumlah pengunjung.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/808 PELATIHAN EDUKASI DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF BERMEDIA SOSIAL PADA REMAJA 2024-01-03T07:34:09+00:00 Alya Masitha alyamasitha@gmail.com Muhammad Kunta Biddinika muhammad.kunta@mti.uad.ac.id Abdul Fadlil fadlil@mti.uad.ac.id Tri Stiyo Famuji tristiyofamuji@gmail.com Rezki rezki2107048004@webmail.uad.ac.id Rio Anggara rio2107048006@webmail.uad.ac.id <p>Berawal dari Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) yang bertujuan untuk yang pertama memberikan edukasi kepada para remaja dalam bermedia sosial. Tujuan kedua memberikan pelatihan kepada para remaja untuk menyampaikan pendapat di media sosial dengan baik dan bijak sehingga tidak menyinggung pihak lain. Pelatihan ini dilaksanakan di SMK Miftahul Huda Sambungmacan, Sragen dan diikuti oleh 35 siswa dan siswi. Pelatihan dilaksanakan secara luring dalam satu sesi pertemuan. Pengabdian ini ditujukan untuk kaum muda, baik laki-laki maupun perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam pengabdian kepada siswa SMK Miftahul Huda Sambungmacan, Sragen ini menggunakan penyampaian materi yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab di akhir acara. Sesi tanya jawab ini memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bertanya terkait dengan topik konsultasi, tetapi juga untuk bertanya tentang topik di luar topik yang diberikan. Berdasarkan respon dari para siswa setelah pelatihan dilaksanakan menyatakan bahwa 62,9% menyatakan sangat setuju bahwa media sosial bermanfaat bagi sekolah dan kegiatan di luar sekolah. Hasil ini didapatkan dari pemberian pertanyaan kuesioner kepada para siswa setelah pelatihan dilaksanakan.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/724 PENDAMPINGAN PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS APLIKASI DIGITAL DI KELURAHAN GISIKDRONO SEMARANG BARAT 2023-12-11T02:15:21+00:00 Galuh Saraswati galuhwilujengs@dsn.dinus.ac.id Gustina Alfa Trisnapradika gustina.alfa@dsn.dinus.ac.id Abdul Syukur abdul_s@dosen.dinus.ac.id Ahmad Zainul Fanani a.zainul.fanani@dsn.dinus.ac.id Lakui Johary 112202006442@mhs.dinus.ac.id <p>Kelurahan Gisikdrono memiliki 1 bank sampah bernama “KARYA IBU” yang berada di RW 10 yang memiliki pengurus berjumlah 12 orang dan memiliki nasabah sebanyak 97 orang. &nbsp;Bank sampah tersebut merasa kesulitan dalam melakukan pendataan sampah dikarenakan semakin banyaknya jumlah nasabah dan pencatatan masih dilakukan secara manual. Terkadang pengelola dibidang adiministrasi harus mencari data dalam buku batik satu -persatu agar mendapatkan nama nasabah yang dicari selain itu pengelola kesulitan saat mencari record pengambilan tabungan sampah. Untuk menghadapi masalah terbut penulis memperkenalkan aplikasi SIKECIK yang digunakan untuk mengelola data bank sampah meliputi pemilihan sampah, penyetoran sampah, penimbangan sampah serta pencatatan dan hasil sampah yang dapat diakses melalui aplikasi, sehingga para pengelola dapat melakukan manajemen pendataan pengelolaan sampah secara mudah dan nasabah sampah/warga dapat melihat data tabungan sampah secara cepat tanpa harus datang ke bank sampah. Metode yang digunakan adalah ABCD (Asset Based For Community Development) terdiri dari Wawancara Apresiatif, pemetaan potensi masyarakat, Tautan dan Mobilisasi Aset, penyusunan Rencana Aksi dan prioritas kegiatan, Monitoring dan evaluasi. Hasilnya menunjukan bahwa Masyarakat Kelurahan Gisikdrono memahami pentingnya pemanfaatan teknologi untuk pengelolan sampah di wilayahnya. Sebagai kesimpulan, kegiatan ini berhasil memperkenalkan SIKECIK untuk meningkatkan kesadaran akan bijak mengelola sampah</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/jupita/article/view/823 Aplikasi Belanja Online di Sentrum Agraris Lotta 2024-01-29T01:13:20+00:00 Clara Moningkey 19013079@unikadelasalle.ac.id Lanny Sitanayah lsitanayah@unikadelasalle.ac.id Junaidy Sanger jsanger@unikadelasalle.ac.id Dino Rahardiyan drahardiyan@unikadelasalle.ac.id Emma Moko emmamoko@unima.ac.id Steven Kawatak skawatak@unikadelasalle.ac.id <p>Seiring perkembangan teknologi khususnya dalam bidang teknologi informasi, memungkinkan sebuah instansi untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan proses pemasaran produk serta memudahkan masyarakat untuk berbelanja dan mengakses informasi secara <em>online</em>. Saat ini berbelanja sudah dipermudah dengan dilakukan secara <em>online </em>di mana masyarakat melakukan transaksi jual-beli secara tidak langsung dengan menggunakan aplikasi tertentu. Permasalahan yang dihadapi oleh Sentrum Agraris Lotta (SAL), yaitu SAL melakukan penjualan produk hasil pangan ke pasar-pasar tradisional dan membuka gerai di lokasi tertentu agar dapat menarik minat dari para pembeli. Penjualan dengan cara tradisional ini belum dapat memaksimalkan kinerja serta keuntungan yang bisa diperoleh&nbsp;karena masih kurang menjangkau masyarakat yang ingin membeli produk yang dijual oleh SAL. Akibatnya banyak produk hasil pangan yang menjadi rusak karena tidak berhasil terjual dan menjadi busuk yang&nbsp;membuat kerugian besar. Selain itu, faktor lain yang membuat SAL kesulitan dalam pemasaran produk adalah kurangnya informasi tentang SAL, sehingga membuat SAL kurang dikenal di lingkungan masyarakat umum. Aplikasi Belanja <em>Online</em> ini dibuat untuk memudahkan SAL dalam proses pemasaran dan memudahkan masyarakat dalam proses jual-beli serta pengaksesan informasi tentang SAL.</p> 2024-02-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Informatika