PERANCANGAN DATABASE PADA SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TABANAN

Authors

  • Luh Gede Tresna Dewi Universitas Udayana
  • Ngurah Agus Sanjaya ER Universitas Udayana
  • Gst. Ayu Vida Mastrika Giri Universitas Udayana

Abstract

Dengan banyaknya titik WiFi gratis di Kabupaten Tabanan dibutuhkan juga adanya monitoring dan pengawasan terhadap WiFi tersebut. Namun dalam penanganan gangguan WiFi terdapat permasalahan dalam kecepatan penanganan dan juga penyimpanan data terkait dengan laporan masyarakat tentang gangguan WiFi di Kabupaten Tabanan. Laporan yang disampaikan masyarakat masih dilakukan melalui media komunikasi WhatsApp sehingga dalam hal penyimpanan data laporan gangguan masih disimpan secara manual yang menyebabkan dalam pencatatan dan pencarian data memerlukan waktu yang lama dan kurang efisien. Kegiatan Sosialisasi Database Sistem Pengaduan Masyarakat di Kabupaten Tabanan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja sistem dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan Sistem Pengaduan Masyarakat. Dengan disosialisasi ini dapat memudahkan staff atau pegawai dalam mememahami dan menggunakan database dari sistem pengaduan masyarakat ini. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan terkait kecepatan penanganan dan pencatatan data laporan gangguan WiFi di Kabupaten Tabanan. Kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa, dosen, dan beberapa pegawai atau staff di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan untuk memberikan hasil yang maksimal bagi kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini.

Published

2024-06-26