PEMBUATAN SISTEM PEMINJAMAN BARANG KEPADA ADMIN PENGURUS BARANG DI DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI BALI

Authors

  • Ni Kadek Yulia Dewi Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Suhartana
  • Gst. Ayu Vida Mastrika Giri

Keywords:

digitalisasi, sistem manual, website, sistem peminjaman barang, sistem otomatis

Abstract

Pada era globalisasi modern saat ini, kegiatan yang dilakukan secara digital dapat mempermudah dan
meningkatkan efisiensi waktu dalam penyelesaian pekerjaan di organisasi. Pada instansi pemerintah,
peminjaman barang selain membantu untuk penggunaan barang serta mengecek barang agar menjadi lebih
rapi, juga akan mempermudah dalam proses pencarian kembali (retrieval). Sistem peminjaman barang kepada
admin pengurus barang yang masih dilakukan secara manual di Dinas Kebudayaan, provinsi bali merupakan
salah satu permasalahan yang dialami instansi tersebut. Pengembangan website di Dinas Kebudayaan
dilakukan guna mendata barang yang dimiliki serta barang yang dipinjam dalam lingkup lokal maupun jarak
jauh. Metode pengembangan sistem dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu wawancara masalah alur kerja
sistem peminjaman barang, merancang website yang akan dibuat, diskusi terkait rancangan yang telah dibuat,
implementasi rancangan yang telah dibuat, pengujian sistem dan menyerahkan sistem yang telah dibuat. Sistem
peminjaman barang kepada admin pengurus barang dengan pengajuan barang berbasis website di Dinas
Kebudayaan Provinsi Bali berhasil dibuat dan diimplementasikan. Proses pengajuan barang dapat dilakukan
dengan sistem otomatis.

Downloads

Published

2023-11-20