IMPLEMENTASI BACK-END PADA SISTEM MANAJEMEN SURAT

Authors

  • Ngakan Putu Widyasprana Ngakan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Made Mahendra, S.Kom., M.Kom.
  • Cokorda Rai Adi Pramartha,ST.MM.PhD

Keywords:

Website, SISMAS, Manajemen Surat, Metode Waterfall, Sistem Surat

Abstract

Surat adalah salah satu alat komunikasi tertulis yang memiliki tujuan sebagai penyampaian informasi dari komunikator (pemberi informasi) kepada komunikan (penerima informasi). Surat tidak hanya digunakan oleh orang tertentu saja, organisasi juga menggunakannya, salah satunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung. Metode persuratan yang digunakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung masihlah manual sehingga proses surat menyurat pada bidang internal memerlukan waktu yang lama. Penggunaan metode sistem seperti ini dapat menyebabkan banyak kendala, seperti kehilangan surat, kekurangan ruang penyimpanan, keterlambatan penanganan, dan ketidakjelasan status surat yang sedang dalam proses. Tentu saja masalah ini berdampak negatif pada kualitas pelayanan, efektifitas kinerja pegawai, dan juga masalah keamaan akan pengarsipan surat. Oleh karena itu, diberikanlah solusi berupa pembuatan aplikasi Sistem Manajemen Surat (SISMAS) yang akan membantu pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung untuk mengelola surat, lembar disposisi, dan arsip. Metode yang digunakan dalam proses pengembangan adalah metode waterfall, dengan metode ini hasil dari sistem mendapatkan feedback positif dari para pegawai.

Published

2025-05-05