ANALISIS SENTIMEN FEEDBACK CUSTOMER BERBASIS WEBSITE

Authors

  • Stephania Sadipun Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra
  • Ida Bagus Gede Dwidasmara

Keywords:

Analisis Sentimen, Klasifikasi, Website, Feedback

Abstract

Dalam menjalankan sebuah bisnis dalam instansi yang memberikan dan menghasilkan sebuah produk bisnis, feedback atau opini dari pelanggan yang memakai jasa maupun produk layanan yang diberikan menjadi hal yang sangat penting bagi instansi. Begitu pula pada PT Bangun Inovasi teknologi (BIT House). BIT House merupakan perusahaan dengan visi global yang bergerak di bidang software developer yang mengembangkan aplikasi dan sistem berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Feedback atau opini pelanggan dapat menjadi acuan seberapa baik dan seberapa bagus produk bisnis yang ditawarkan. Semua feedback yang diberikan pasti sangat beragam, mulai dari feedback yang mengatakan bahwa pelanggan puas sampai dengan feedback yang mengatakan kurang puas atau bahkan tidak puas. Untuk itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mengklasifikasikan feedback-feedback tersebut secara otomatis sehingga hasil yang didapatkan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi instansi khususnya PT Bangun Inovasi Teknologi (BIT House) untuk melakukan pengembangan layanan dengan lebih baik. Klasifikasi feedback pelanggan akan dilakukan dengan teknik analisis sentimen, yakni proses untuk memahami, mengekstrak, dan mengolah data tekstual secara otomatis untuk mendapatkan informasi sentimen yang terkandung dalam suatu kalimat opini yang akan diklasifikasikan ke dalam kategori positif maupun negatif

Downloads

Published

2023-11-20