Penerapan Sistem Analisis Sentimen pada Aplikasi Mobile Banking PT. Bank Rakyat Indonesia
Keywords:
Digital Banking Development, mobile banking, analisis sentimen, MontisAbstract
Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbankan yang sudah memiliki banyak anak perusahaan dan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bank Rakyat Indonesia didirikan pada tanggal 16 Desember 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden dan sejak tahun 1992 Bank Rakyat Indonesia telah ditetapkan sebagai bank persero yang seluruh sahamnya dipegang oleh pemerintah Indonesia. PT. Bank Rakyat Indonesia memiliki sekitar 69 divisi salah satunya adalah divisi Digital Banking Development. Digital Banking Development Division ini merupakan divisi yang berfokus terhadap pengembangan teknologi layanan perbankan. Layanan perbankan yang telah diciptakan dan sedang dalam proses pengembangan yaitu aplikasi mobile banking. Bertambahnya pengguna mobile banking yang dimiliki oleh PT. Bank Rakyat Indonesia mengharuskan para pengembang aplikasi untuk mampu meningkatkan kualitas layanannya. Untuk meningkatkan kualitas layanan mobile banking maka diperlukan analisis sentimen yang dinamakan dengan Montis sehingga pengembang dapat melakukan peningkatan performa dari layanan aplikasi yang ditawarkan.