MENINGKATKAN PEMAHAMAN DATA DI PT INDOSAT TBK MELALUI PEMBERIAN INSIGHT BARU
Keywords:
Indosat, data, insight, analisa, pengabdianAbstract
PT Indosat Tbk atau dikenal dengan sebutan Indosat Ooredoo, merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan layanan nirkabel untuk telepon seluler serta jalur internet broadband untuk rumah. Merk – merk yang dimiliki Indosat berbeda berdasarkan model pembayaran serta harganya. Model pembayaran yang banyak digunakan oleh banyak orang saat ini adalah prabayar. Sejak pandemi Covid-19, beragam tantangan dihadapi Indosat dalam persaingan antar kompetitornya. Salah satu tantangan tersebut adalah menemukan insight baru terkait data berdasarkan data yang ada. Insight ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan pemahaman dari sisi data. Insight yang diberikan adalah berupa korelasi dari setiap parameter yang ada, penyajian dashboard histori data dengan parameter yang lebih lengkap, melakukan klasterisasi terhadap dua parameter, serta melakukan prediksi yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Metode yang digunakan untuk klasterisasi adalah K-Means Clustering, sedangkan untuk prediksi adalah metode Regresi Linier. Dengan insight ini perusahaan diharapkan memperoleh informasi yang bermanfaat serta meningkatkan pemahaman tentang data.