PENGEMBANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE DENGAN PENERAPAN RESPONSIVE WEB LAYOUT SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN HASIL OLAHAN PRODUK

Authors

  • I Komang Kumara Saduadnyana Universitas Udayana
  • I Putu Gede Hendra Suputra Universitas Udayana
  • Luh Arida Ayu Rahning Putri Universitas Udayana

Keywords:

Penjualan, e-commerce, website, sosial media, produk

Abstract

Penjualan suatu produk biasanya dilakukan melalui kunjungan di beberapa toko maupun warung atau bahkan ke beberapa swalayan yang menerima produk dari luar selain produk yang mereka jual. Saat ini banyak sudah berkembang perusahaan – perusahaan start up memiliki website sebagai branding dan juga media untuk menjual produk yang mereka hasilkan. Namun dalam pembuatan website yang baik dan professional diperlukan sebuah design yang menarik dan dengan sistem yang powerful sehingga dalam pengembangannya memakan waktu yang tidak singkat. Pengembangan sistem penjualan produk melalui e-commerce ini sudah pernah diterapkan namun mengalami kendala teknis pada pengembangan sebelumnya di PT Bala Biotech Indonesia. PT. Bala Biotech Indonesia merupakan sebuah startup dibidang pengolahan limbah magot berbasis teknologi. Produk yang dihasilkan oleh start up ini yaitu ada 4 produk diantaranya Bala Chips, Balamagg Maggot BSF dan Balameal untuk pakan ikan yang berbahan dasar dari maggot. Dengan adanya pengembangan website baru dengan menerapkan grid system diharapkan dapat mendukung proses penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dan proses pengembangan website dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat.

Downloads

Published

2023-05-02