PEMBANGUNAN APLIKASI WEBSITE E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PERUSAHAAN PT. BALA BIOTECH INDONESIA

Authors

  • Aang Pangantyas Sampurna Universitas Udayana
  • Ida Bagus Gede Dwidasmara Universitas Udayana
  • Ida Bagus Made Mahendra Universitas Udayana

Keywords:

website, e-commerce, penjualan, aplikasi, produk

Abstract

Perkembangan pasar E-Commerce saat ini dapat menjadi alternatif bahkan dapat menggantikan pasar tradisional yang mengharuskan seseorang untuk membeli suatu produk secara offline dengan mengunjungi langsung tempat atau toko yang menjual produk yang mereka ingingkan. E-Commerce memungkinkan pembeli untuk melakukan pembelian suatu produk kapanpun dan di mana pun mereka berada. Salah satu perusahaan yang ingin menerapkan penjualan produk dengan metode E-Commerce yaitu PT. Bala Biotech Indonesia. Perusahaan ini merupakan sebuah startup yang bergerak pada bidang pengolahan limbah sampah dan menghasilkan suatu produk dari hasil olahan tersebut. Perusahaan ini sebelumnya telah mengimplementasikan e-commerce pada website mereka untuk menjadi media promosi dan jual beli, namun website tersebut memiliki beberapa kendala yang mengharuskan untuk proses pembangunan website diulang dari awal kembali. Proses pembangunan ulang website ini melalui 3 tahap, yang pertama yaitu proses analisis kebutuhan aplikasi, kedua yaitu proses perancangan aplikasi, dan yang ketiga proses deployment aplikasi. Dari aplikasi website e- commerce yang telah dibuat kembali, aplikasi tersebut berhasil menjadi media jual beli secara online dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahan PT. Bala Biotech Indonesia.

Downloads

Published

2023-02-27