DASHBOARD MONITORING INDEKS KEPUASAN LAYANAN INTERNET INTRA PERANGKAT DAERAH KABUPATEN TABANAN

Authors

  • Ni Putu Sintia Wati Universitas Udayana
  • Cokorda Rai Adi Pramartha Universitas Udayana
  • Luh Arida Ayu Rahning Putri Universitas Udayana

Keywords:

dashboard, OPD, kuesioner, indikator

Abstract

Kebutuhan Layanan Internet menjadi prioritas utama menunjang sektor pemerintahan, khususnya di kabupaten Tabanan. Oleh karena itu, dilaksanakan survey dalam bentuk kuesioner yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan penyelenggaraan sistem komunikasi di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kabupaten Tabanan. Berdasarkan kondisi yang ditemukan di lapangan, data hasil survey masih sulit untuk diinterpretasikan karena masih disajikan dalam bentuk manual. Maka dibangunlah sebuah sitem dashboard yang berguna untuk mempermudah dalam memvisualisasi hasil tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan ini, diantaranya pengumpulan data, pengolahan data, analisis kebutuhan sistem, perancangan dan implementasi perancangan. sistem dashboard ini terdiri dari dua fitur utama yaitu fitur beranda dan fitur grafik.

Downloads

Published

2023-02-27