Sistem Administrasi Pengajuan Barang Berbasis Website Pada Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian Kab. Bangli
Keywords:
digitalisasi, sistem manual, website, sistem pengajuan barang, sistem otomatisAbstract
Pada era globalisasi modern saat ini, kegiatan yang dilakukan secara digital dapat mempermudah dan meningkatkan efisiensi waktu dalam penyelesaian pekerjaan di organisasi. Pada instansi pemerintah, penataan arsip selain membuat penempatan arsip menjadi lebih rapi, juga akan mempermudah dalam proses pencarian kembali (retrieval). Sistem administrasi untuk pencatatan pengajuan barang yang masih dilakukan secara manual di Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kabupaten Bangli merupakan salah satu permasalahan yang dialami instansi tersebut. Pengembangan website di Dinas Kominfosan dilakukan guna menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Metode pengembangan sistem dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu wawancara masalah alur kerja sistem administrasi, merancang website yang akan dibuat, diskusi terkait rancangan yang telah dibuat, implementasi rancangan yang telah dibuat, pengujian sistem dan menyerahkan sistem yang telah dibuat. Sistem administrasi pengajuan barang berbasis website di Dinas Kominfosan Kabupaten Bangli berhasil dibuat dan diimplementasikan. Proses pengajuan barang dapat dilakukan dengan sistem otomatis.