PENINGKATAN EFISIENSI DAN AKSESIBILITAS LAYANAN KONSULTASI & PENGADUAN SAHABAT MEDIATOR BALI MELALUI WEBSITE

Authors

  • I Made Wahyu Purnama Putra Universitas udayana
  • I Wayan Supriana
  • Cokorda Rai Adi Pramartha

Keywords:

Bali, efisiensi layanan, Aksesibilitas, Konsultasi Pekerja, Pengaduan Pekerja, Website

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan konsultasi dan pengaduan pekerja di Bali melalui pembuatan sebuah website yang kami sebut sebagai "Layanan Konsultasi Dan Pengaduan Sahabat Mediator Hubungan Industrial Dan Pengawas Ketenagakerjaan (Samhi Peka) Bali Berbasis Website." Bali, sebagai destinasi wisata utama di Indonesia, telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, menciptakan peluang kerja yang besar. Namun, tantangan dalam akses dan efektivitas layanan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan di Bali mendorong perlunya solusi yang lebih efisien. Metode pelaksanaan penelitian ini mencakup empat tahap utama: perancangan desain antarmuka pengguna (UI), pengumpulan data admin, implementasi, dan uji coba. Kami memanfaatkan platform Google Sites dan Tawk.to untuk menciptakan website yang responsif dan interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah website yang memungkinkan pekerja untuk dengan mudah mengakses layanan konsultasi dan pengaduan secara online. Website ini juga menyediakan akses yang lebih aman dan efisien, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka dalam hubungan kerja.

Downloads

Published

2025-02-02