Rancang Bangun Helpdesk System Berbasis Website dengan Codeigniter di PT Dimata Sora Jayate
Keywords:
helpdesk, helpdesk system, webiste, Codeigniter, PHP, MySQLAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini telah meningkatkan jumlah konsumen yang dimiliki perusahaan. Untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, perusahaan harus mampu membentuk hubungan baik dengan konsumen melalui pelayanan terhadap keluhan atau pertanyaan yang dimiliki oleh konsumen. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang mampu untuk melakukan manajemen terhadap keluhan dan pertanyaan yang dimiliki oleh konsumen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, akan dikembangkan sebuah helpdesk system berbasis website di PT Dimata Sora Jayate yang mampu melakukan manajemen keluhan maupun pertanyaan menggunakan framework PHP yaitu CodeIgniter dengan database MySQL. Adapun metode yang digunakan dalam pengembangan helpdesk system adalah Design Science Research Methodology (DSRM) dengan empat tahapan utama, yaitu analisis penelitian, desain, implementasi, dan evaluasi. Helpdesk system yang telah berhasil dibangun kemudian diuji dengan Black-box dan memberikan hasil sesuai di seluruh aspek fitur yang diuji, sehingga sudah dapat digunakan untuk manajemen keluhan maupun pertanyaan dari pengguna secara efektif dan efisien.