The Effect of Profitability and Leverage on Corporate Social Responsbility Disclosure

Authors

  • Ni Made Amara Natania Faculty of Economics and Business, Universitas Udayana, Indonesia
  • I Wayan Gde Wahyu Purna Anggara Faculty of Economics and Business, Udayana University, Indonesia

Abstract

Studi ini mengkaji pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019–2023. CSR krusial di sektor ini karena potensi dampak lingkungannya yang tinggi, sehingga diperlukan untuk mendapatkan legitimasi dan menjaga hubungan dengan para pemangku kepentingan. ROE digunakan untuk menilai profitabilitas, sementara DER digunakan untuk mengukur leverage. CSR dievaluasi menggunakan Standar GRI 2021, kategori 300 (lingkungan) dan 400 (sosial). Hasil studi regresi linier berganda menunjukkan bahwa leverage dan profitabilitas memiliki dampak positif terhadap pengungkapan CSR. Temuan ini semakin memperkuat pemahaman kita tentang motivasi perusahaan energi untuk transparansi dalam inisiatif CSR mereka.

Downloads

Published

31-10-2025

How to Cite

Natania, N. M. A., & I Wayan Gde Wahyu Purna Anggara. (2025). The Effect of Profitability and Leverage on Corporate Social Responsbility Disclosure. E-Jurnal Akuntansi, 35(10). Retrieved from https://ejournal1.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2132

Issue

Section

Articles